5/02/2013

Cara Menghindari Investasi Bodong

Dalam posting cara menghindari investasi bodong ini kami akan mencoba mengulas beberapa kriteria penipuan berkedok investasi. Beberapa tahun terakhir ini banyak pemberitaan mengenai penipuan yang berkedok investasi mulai dari koperasi bodong Langit Biru, kasus investasi bodong berupa investasi emas dan banyak lainnya. tentu hal ini sangat meresahkan akan tetapi hal ini juga menunjukkan bahwa masyarakat masih punya keinginan untuk berinvestasi, namun sangat disayangkan mereka salah memilih jenis investasi dan cenderung tertarik dengan investasi yang menjanjikan imbal hasil yang besar dan berlipat meskipun tidak masuk akal. Penipuan berkedok investasi ini benar-benar sangat merugikan bukan hanya orang yang telah menyetorkan uang mereka kepada penipu itu saja, pelaku bisnis yang menawarkan investasi real (bukan bodong apalagi tipu-tipu) pun kena imbasnya.

Investasi merupakan salah satu cara untuk memperkaya atau melipatgandakan kekayaan yang ada sekarang. Berikut ini akan kami sampaikan beberapa cara untuk menghidari penipuan berkedok investasi.  

1. Jangan mudah percaya dengan janji manis yang tidak masuk akal
2. Pilihlah jenis investasi yang riil atau ada wujudnya seperti peluang usaha perkebunan atau properti, emas batangan terutama bagi pemula meskipun tidak semua investasi riil ini benar

3. Pelajari dengan seksama dan detail penawaran investasinya termasuk asal-usul pembagian hasil
4. Cari tau tentang investasi itu dengan bertanya kepada orang lain atau bertnya kepada om google
5. Jangan terburu-buru mengambil keputusan sebelum dapat kesimpulan dan anda yakin dengan kesimpulan itu
6. Jangan menyerahkan dana anda sebelum mempelajari perjanjian dengan detail dan usahakan ada saksi dalam penandatanganan lebih baik jika dilakukan di hadapan notaris. 
7. Perhatikan bukti pembayaran atau penyerahan dana untuk investasi itu. Hal ini jadi pegangan anda jika terjadi sesuatu yang tidak dinginkan.
8. Tidak ada investasi yang menjanjikan pengembalian investasi secara pasti dalam jumlah berlipatganda apalagi dalam rentang waktu yang singkat
9. Waspadalah

Itulah beberapa cara untuk menghindari investasi bodong atau paling tidak meminimalisir kemungkinan anda terjebak dalam rayuan penipu. Jika ada yang kurang silahkan anda tambahkan sendiri dalam komentar di bawah ini.

Kami harapkan jangan antipati terhadap semua investasi karena tidak semuanya penawaran investasi itu merupakan kedok bagi penipu atau tidak semuanya investasi itu merupakan investasi bodong. Jadi intinya adalah bijaksanalah dalam menentukan pilihan investasi anda. Silahkan baca juga artikel peluang investasi yang menguntungkan tahun 2013.

0 komentar:

Posting Komentar