9/23/2012

Jenis Bibit Sawit

Bersinggungan dengan judul bibit sawit sebelumnya. Post yang satu ini kami akan berbagi ilmu mengenai jenis-jenis bibit sawit yang ada di Indonesia.

Secara garis besar ada 3 (tiga) jenis bibit kelapa sawit yang dibudidayakan menurut ketebalan dagingnya yaitu Dura, Pisifera dan Tenera.

1. Dura

Dura merupakan sawit yang buahnya memiliki cangkang tebal sehingga dianggap memperpendek umur mesin pengolah namun biasanya tandan buahnya besar-besar dan kandungan minyak per tandannya berkisar 18%.

2. Pisifera

Pisifera buahnya tidak memiliki cangkang namun bunga betinanya steril sehingga sangat jarang menghasilkan buah.


3. Tenera

Tenera adalah persilangan antara induk Dura dan jantan Pisifera. Jenis ini dianggap bibit unggul sebab melengkapi kekurangan masing-masing induk dengan sifat cangkang buah tipis namun bunga betinanya tetap fertil. Beberapa tenera unggul memiliki persentase daging per buahnya mencapai 90% dan kandungan minyak per tandannya dapat mencapai 28%. Dan jenis inilah yang dijual sebagai bibit unggul jadi sebaiknya anda memperhatikan gambar di bawah ini untuk membedakan jenis kelapa sawit tersebut.

Berikut ini gambar perbandingan ketebalan daging yang dihasilkan dari ketiga jenis bibit tersebut di atas.




Perbandingan daging buah dan cangkaknya

Tenera menjadi jenis bibit sawit unggul yang direkomendasikan oleh dinas perkebunan karena merupakan hasil persilangan antara Jenis bibit Dura dan Pisifera. Kemudian jenis bibit unggul ini dikembangkan kembali oleh beberapa perusahaan dan badan penelitian hingga muncul beberapa varian pisifera yang masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya.Klik di sini untuk mengetahui varietas bibit sawit unggul Tenera yang di hasilkan oleh PPKS Medan. 

 

0 komentar:

Poskan Komentar