3/25/2013

Biaya pembangunan Pabrik Kelapa Sawit (PKS)

Biaya pembangunan pabrik kelapa sawit akan kami uraikan secara singkat dalam post ini dan semoga membantu. Keberadaan pabrik pengolahan kelapa sawit mutlak adanya guna menunjang industri minyak sawit baik dalam perusahaan maupun petani. Bahkan saat ini jumlah PKS (Pabrik Kelapa Sawit) dengan luas kebun sawit sangat tidak seimbang sehingga dibutuhkan pembangunan pabrik sawit dalam jumlah yang cukup banyak untuk seluruh wilayah Indonesia. Dampak dari kurangnya pabrik ini sangat dirasakan oleh para petani sawit di daerah antara lain pihak pengelola dapat mempermainkan harga TBS di pabrik atau over load PKS sehingga para petani merasa dirugikan. Secara umum biaya pembangunan pabrik kelapa sawit (PKS) dengan kapasitas di atas 10 ton/jam dibutuhkan nilai investasi kurang lebih sebesar Rp. 2 Miliar untuk perton nya. Artinya jika anda ingin membangun PKS dengan kapasitas 30 ton/jam maka biaya pembangunan PKS nya adalah kurang lebih sebesar Rp. 60 Miliar. Biaya ini belum ditambah biaya konsultan, biaya pembangunan perumahan karyawan, biaya perijinan, biaya kendaraan oprasional dan modal kerja (biaya produksi).

Pembangunan PKS merupakan investasi padat modal yang membutuhkan nilai investasi besar. Hal inilah yang menginspirasi beberapa kelompok tani atau pengusaha daerah untuk membangun PKS mini  sehingga dapat menampung TBS petani untuk segera diolah. Kapasitas pabrik pengolahan kelapa Sawit mini mulai dari 500 kg ton hingga 10 ton
perjam, meskipun PKS mini nilai investasinya juga lumayan besar yaitu di kisaran 1,25 Miliar untuk biaya pembangunan PKS mini lengkap dengan kapasitas 500 kg/jam dan silahkan klik disini untuk mempelajari list PKS mini atau bisa langsung hubungi kami. Harga tersebut merupakan harga pembangunan fisik PKS dan sarana pendukungnya tanpa bangunan perumahan karyawan atau tergantung kesepakatan dengan pihak kontraktornya nanti. 

Bagi anda yang ingin berinvestasi dalam pembangunan pabrik ini sebaiknya berhubungan dengan konsultan pabrik agar dapat ditentukan kapasitas pabrik yang dibutuhkan, survey lokasi pembangunannya, pengurusan perizinan dengan pihak terkait dan memperhitungkan nilai investasinya secara fix. Hal ini guna menghindari biaya yang terlalu mahal dan pembangunan pabrik yang kurang tepat lokasinya tentunya berujung pada kerugian atau penutupan pabrik.

Setelah perizinan dan lokasi telah tepat, carilah kontraktor yang dapat membangun pabrik tersebut karena tidak banyak kontraktor yang mampu membangun pabrik pengolahan kelapa sawit ini. Tapi biasanya konsultan itu sendiri mempunyai rekanan kontraktor PKS atau mereka Konsultan sekaligus kontraktor. Ini akan lebih hemat biaya dan anda bisa nego harga langsung dengan mereka guna menghemat pengeluaran biaya pembangunan pabrik. Karena setelah pabrik berdiri anda harus mempersiapkan dana untuk membeli TBS dari petani atau pemasok ke pabrik anda, alangkah lebih baik jika anda sudah memiliki perkebunan sendiri meskipun tidak terlalu luas.

Berikut ini kami sampaikan gambaran ruang lingkup pekerjaan konsultan PKS guna mewujudkan investasi anda yang menguntungkan :

  1. Jasa survey lokasi & perencanaan kapasitas PKS Pengurusan Perijinan
  2. Pembuatan Proposal
  3. Perencanaan & Detail Design PKS
  4. Pengawasan Pembangunan sampai dengan komissioning
  5. Training SDM (Proses, Maintenance, QC)
  6. Pembuatan Standart Operating Procedure (SOP)
  7. Pembuatan Standart Angka Produksi (SAP)
Dan berikut ini merupakan gambaran ruang lingkup pekerjaan kontraktor PKS :

    a.  As Build Drawing, Manual Book, , Safety Halt Environment.
    b.  Pengadaan bahan,mesin – mesin PKS,  pembuatan/pabrikasi, perakitan/pemasangan test run, 
         commissioning dan pemeliharaan/maintenance selama 1 (satu) tahun atas Pekerjaan Mekanikal 
         Piping System dan Elektrikal yang terdiri dari :
   -    Stasiun penerima buah/Fruit Reception & Storage Station
   -    Stasiun rebusan/Steilization Station
   -    Stasiun penebah/Threshing Station
   -    Stasiun press buah/Pressing Station
   -    Stasiun klarifikasi/Clarification Station
   -    Stasiun penyimpanan minyak/Bulk Storage Tank Station
   -    Stasiun pemisah biji ampas/Depericarping Station
   -    Stasiun pengolah biji inti/Nut & Kernel Station
   -    Stasiun pembangkit tenaga uap/Steam Plant Station
   -    Stasiun pembangkit tenaga listrik/Power Plant Station
   -    Stasiun pengolahan air boiler/Boiler Feed Water Treatment Station
   -    Instalasi pemipaan & listrik/Piping Installation & Electrical Work + Instrument
   -    Sistem Pengolahan Limbah
   -    Install Equipment
 
c. Pekerjaan lain-lain yang terdiri dari :
   -    Mobilisasi dan Demobilisasi
   -    Barak Kerja dan Direksi Kit, Base Camp
-    Perencanaan teknis
-    Akomodasi dan transportasi/Accomodation & Transportation
-    Testing & Commissioning 
-    Penerangan listrik dan air kerja.


Kami akan senang sekali jika bisa bekerjasama dengan anda guna mewujudkan investasi yang menguntungkan bagi anda sekaligus membantu para petani sawit di berbagai daerah yang sangat membutuhkan keberadaan pabrik kelapa sawit ini.

Silahkah baca artikel beikut untuk menambah wawasan anda sebelum berinvestasi membangun pabrik kelapa sawit :

Mesin PKS dan fungsinya
Persyaratan pembangunan pebrik kelapa sawit (PKS)
Pabrik Kelapa Sawit (PKS)

1 komentar:

Posting Komentar