5/05/2013

Manfaat Budidaya Kelapa Sawit Dengan Pupuk Hayati Bio P2000Z


Manfaat budidaya kelapa sawit dengan pupuk hayati bio p2000z sama artinya manfaat alam utk budidaya kelapa sawit karena sudah saat kita mengembangkan dan beralih ke teknologi yang lebih ramah lingkungan dalam budidaya kelapa sawit dengan Teknologi Bio Perforasi Pupuk hayati Bio P 2000 Z dan Phosmit. Kami mengutip tulisan Dr. Ir. Listyanto, MSc tentang peran dan manfaat pupuk hayati Bio P2000Z dalam budidaya kelapa sawit khususnya. Diharapkan dengan penggunaan pupuk hayati ini para pelaku usaha dan petani kelapa sawit dapat menekan biaya pembelian pupuk yang sangat mahal dengan demikian keuntungan akan semakin besar dan lebih ramah lingkungan tentunya.  

Peran Pupuk hayati Bio P 2000 Z + pupuk organik cair Phosmit
Peran pupuk organik cair adalah sebagai bahan untuk membangunkan mikroba yang dibuat dengan kondisi tidur pada pupuk Bio P 2000 Z. Disamping itu pupuk phosmit berfungsi sebagai unsur hara yang siap diserap baik oleh tanaman maupun pengembangan bakteri. Dengan demikian gambungan antara Bio P 2000 Z dan Phosmit mampu mengoptimalkan penyiapan dan perbaikan tanah secara menyeluruh.
Peran pupuk Bio P 2000 Z sebagai pupuk hayati yang sekaligus pupuk organik menjadi pilihan untuk memperbaiki kondisi lahan, penyediaan unsur hara, dan pemicu pertumbuhan vegetatif dan generatif tanaman sawit.


Mikro-organisme yang ada di pupuk hayati Bio P 2000 Z dibentuk mempunyai sifat unggul, dengan sistem kehidupan yang dikondisikan sesuai dengan lingkungan tumbuh kembang tanaman. Di dalam pupuk tersebut disertakan pula nutrisi dan unsur hara yang mampu menjadi katalisator dan pemicu pertumbuhan mikro organisme maupun tanaman sehingga kinerja dari mikro organisme lebih optimal.

Komposisi pupuk hayati Bio P 2000 Z + pupuk organik cair Phosmit hasil teknologi Bio Perforasi berisikan sekumpulan mikro-organisme unggul yang terdiri dari dekomposer (Hetrotrop, Putrefaksi), pelarut mineral dan phospat, fiksasi nitrogen, Autotrop (fotosintesis) dan mikroba fermentasi serta mikroba penghubung (seperti Mycorrhiza) yang bekerja bersinergi dan nutrisi bahan organik sederhana, seperti senyawa protein/peptida, karbohidrat, lipida, vitamin, senyawa sekunder, enzim dan hormon; serta unsur hara makro: N, P, K, S, Ca, dan lainnya berkombinasi dengan hara mikro: seperti Mg, Si, Fe, Mn, Zn, Mn, Mo, Cl, B, Cu, yang semua unsur yang disebut di atas diproses melalui cara fermentasi.

Cara kerja pupuk hayati Bio P 2000 Z + pupuk organik cair Phosmit secara komprehenship membentuk dan mengkondisikan keseimbangan ekologis alamiah melalui sekumpulan jasa mikro-organisme unggul berguna yang dikondisikan, bersinergi dengan mikroba alami indogenus dan nutrisi; dan dengan menggunakan prinsip “mem-bioperforasi“ secara alami oleh zat anorganik, organik dan biotik pada mahluk hidup (seperti tanaman) sehingga memacu dan/atau mengendalikan pertumbuhan dan produksinya. Berikut ini manfaat nyata pupuk hayati bio p2000z untuk tanah dan tanaman :
(1) Kemampuan Menguraikan Faktor Penghambat pertumbuhan menjadi faktor pendukung
- Kemampuan yang mengikat kelebihan senyawa racun di alam seperti Al+, Fe2+, Mn2+, H2S, hal ini telah dibuktikan dengan adanya uji lokasi di daerah-daerah bukaan baru yang mengandung unsur-unsur tersebut. Budidaya penanaman dengan menggunakan pupuk hayati Bio P 2000 Z pengaruh racun tersebut pada tanaman menjadi relatif hilang. Setelah di chek laboratorium dapat bukti bahwa kadar unsur tersebut yang bersifat racun jauh berkurang dan diubah dalam bentuk senyawa tidak beracun.
- Keasaman (pH) tanah sebagai faktor penghambat pertumbuhan tanaman. Budidaya di tanah masam yang biasanya di lahan gambut dengan menggunakan pupuk hayati Bio P 2000 Z telah terbukti tanpa menggunakan kapur atau dolomit tanaman tumbuh subur dan berbuah lebat. Setelah di chek laboratorium pada tanah sehabis panen dapat diketahui keasaman tanah mendekati normal.
Supaya lebih efektif dan efisien untuk memperbaiki keasaman lahan maka Penggunaan pengapuran dapat kombinasikan dengan menggunakan pupuk Bio P 2000 Z. Komposisi kapur dengan pupuk Bio P 2000 Z per hektar adalah 2 liter Bio P 2000 Z + 750 kg/ ha kapur. 
Caranya Pemupukan lahan untuk menetralkan keasaman dilakukan dengan jalan menyemprotkan larutan Bio P 2000 Z ( pupuk Bio P 2000 Z + phosmit + air dengan perbandingan 1 ½ : 1 ½ : 300 ) ke seluruh permukaan lahan seluas 1 ha. Kapur disebarkan tersendiri. Penggunaan kapur dan Bio P 2000 Z untuk menetralkan keasaman lahan dilakukan minimal 1 minggu sebelum tanam. 
- Tekstur, struktur dan porositas tanah merupakan suatu penghambat pertumbuhan tanaman akibat kejenuhan budidaya dan pengaruh penggunaan pupuk an organik. Beberapa penelitian dilakukan di lahan di Pulau Jawa maupun di luar Pulau Jawa dapat dibandingkan budidaya menggunakan pupuk hayati Bio P 2000 Z + Phosmit dengan yang tidak menggunakan diketahui bahwa tingkat tekstur, struktur dan porositas menjadi lebih baik.

(2) Mengelola unsur hara di sekitarnya dan disediakan untuk tanaman.
Salah satu keunggulan pupuk hayati Bio P 2000 Z + Phosmit adalah berfungsi sebagai pengelola unsur hara yang siap tersedia setiap saat untuk tanaman. Beberapa proses pengelolaan mikrobia tersebut adalah sebagai berikut:
- Menyerap unsur hara bebas di alam baik di udara maupun di tanah dalam proses kehidupan bakteri, hasil proses tersebut berupa unsur hara yang siap diserap oleh tanaman. Termasuk juga unsur racun yang semula menjadi penghambat dapat diubah menjadi senyawa tidak beracun yang siap diserap tanaman.
- Menguraikan unsur yang terikat oleh tanah yang pada keadaan biasa tidak dapat diserap oleh tanaman, namun dengan bantuan mikrobia di dalam pupuk hayati Bio P 2000 Z + Phosmit maka unsur tersebut terlepas kemudian diikat oleh mikrobia dan selanjutnya disediakan untuk diserap tanaman.
- Mengubah unsur an organik menjadi unsur hara organik merupakan proses makhluk hidup termasuk bakteri. Unsur an organik baik dari alami maupun pemupukan dicerna dan diikat oleh bakteri yang ada di pupuk hayati Bio P 2000 Z dalam proses kehidupannya. Selanjutnya unsur tersebut akan dilepas sesuai dengan daya serap tanaman.
Berdasarkan proses tersebut maka pupuk selalu tersedia bagi tanaman, pemberian pupuk lebih efektif dan efisien karena terikat oleh bakteri sehingga tidak menguap atau terbawa oleh air, unsur hara tanaman disediakan dalam bentuk unsur organik dan mudah terserap tanama.

(3) Memproduksi dan merangsang bio aktif seperti enzim, senyawa organik dan energi kinetik yang memacu metabolisme tumbuh kembang akar dan bagian atas tanaman
Terdapat 2 sumber bio aktif pada proses pemupukan ini, yaitu: 
(a) berasal dari pupuk itu sendiri dan 
(b) hasil kerja bakteri merangsang bio aktif tanaman:
a. Bio aktif yang berasal dari pupuk itu sendiri, sewaktu memproduksi pupuk Bio P 2000 Z + Phosmit disertakan juga beberapa hormon yang langsung diserap tanaman dan enzim dan hormon tersebut merangsang pertumbuhan tanaman. 
b. Bio aktif yang dirangsang oleh bakteri yang terdiri hormon auxin dan hormon pertumbuhan lainnya yang membuat pertumbuhan vegetatif tanaman menjadi cepat dan besar. Hormon florigen merupakan hormon yang dirangsang oleh mikriobia dari pupuk hayati Bio P 2000 Z. Hormon ini berfungsi merangsang pembungaan, sehingga tanaman dapat berbunga dan berbuah lebih lebat. 
Berdasarkan fungsi tersebut di atas maka pupuk hayati Bio P 2000 Z merangsang pertumbuhan tanaman lebih subur, dan hasil bunga dan buah lebih lebat dengan pengisian biji yang penuh.

(4) Ketahanan internal terhadap hama dan penyakit.
- Ketahanan internal diperoleh karena pupuk Bio P 2000 Z + Phosmit dilengkapi dengan unsur hara mikro yang dapat digunakan tanaman. Disamping itu, pertumbuhan yang cepat oleh pengaruh pupuk tersebut, memberikan kemampuan tanaman dari kerusakan hama. 
- Dengan adanya kemampuan pertumbuhan dengan adanya rangsangan hormon auxin, sitokinin dan giberilin, dengan didukung penyiapan unsur hara hasil dari pengelolaan mikrobia maupun unusr hara suplemen yang diberikan pada pupuk Bio P 2000 Z dan Phosmit, maka tanaman menjadi lebih sehat dan kemampuan atau daya tahan tanaman terhadap serangan hama dan penyakit lebih kuat. Hal tersebut dinamakan dengan ketahanan internal.

Terdapat 4 (empat) titik kerja pupuk hayati Bio P 2000 Z + Phosmit, sbb:
1. Faktor penghambat : zat racun dan pH tanah menjadi Senyawa tidak beracun dan pH tanah normal
2. Mengelola unsur hara alami dan pemupukan yaitu Unsur hara tersedia, tidak cepat hilang/ terikat pada mikrobia, berbentuk unsur organik 
3. Menyediakan dan merangsang bio aktif enzim, hormon, senyawa organik, energi kinetik
4. Merangsang pertumbuhan vegetatif dan generatif yaitu Merangsang pertumbuhan vegetatif dan generatif. Tanaman terlindungi, dan mengurangi residu racun kimia
Berdasarkan penjelasan dapat diketahui bahwa penggunaan pupuk Bio P 2000 Z + Phosmit mampu mengefisiensikan penggunaan pupuk an – organik dengan tambahan dengan kelebihan memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah dan peningkatan pertumbuhan vegetatif dan peningkatan pertumbuhan generatif. 

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang pupuk hayati bio p2000z ini silakan klik di sini. Demikian pembahasan tentang manfaat budidaya kelapa sawit dengan pupuk hayati bio p2000z semoga bermanfaat dan dapat memajukan pertanian Indonesia. Jika anda ingin memesan pupuk hayati bio p2000z ini bisa hubungi kami.

1 komentar:

Poskan Komentar