1/27/2014

Konsultan Pembangunan Pabrik Kelapa Sawit (PKS)



Konsultan perancanaan pabrik kelapa sawit (PKS) merupakan pihak yang dikontrak untuk membantu perusahaan atau individu mewujudkan keinginan owner project untuk membangun pabrik kelapa sawit. Jadi jika anda berencana untuk berinvestasi di industri hilir kelapa sawit dalam bentuk pabrik kelapa sawit penghasil CPO (crude palm oil) yang merupakan bahan pengolahan minyak goreng, mentega dan lainnya, maka seharusnya segera kontrak konsultan untuk membantu anda mempersiapkan segala sesuatu yang berkenaan dengan prasyarat pembangunan pabrik kelapa sawit itu. Bisa dikatakan menghubungi konsultan PKS merupakan langkah awal sebelum membangun PKS nantinya. 

Secara garis besar lingkup pekerjaan konsultan pabrik kelapa sawit (PKS) mencakup pekerjaan pra kontruksi, masa kontruksi dan pasca kontruksi. Pekerjaan pra kontruksi konsultan PKS  meliputi :
Survey pendahuluan, survey pendahuluan ini bertujuan untuk menggali data akurat di lapangan guna menunjang rencana pembangunan PKS tersebut. Dari data lapangan ini maka konsultan akan membuat analisa feasibility study (study kelayakan usaha) di lokasi yang ditentukan pemilik project, membuat perencanaan kapasitas pabrik seharusnya,
menentukan lokasi tapak pabrik dengan berbagai tertimbangannya, menyusun RAB pembangunan pabrik sesuai dengan kapasitas yang disepakati, mempersiapkan dokumen proposal perijinan ke instansi-instansi terkait sekaligus proposal untuk perbankan atau pihak penyandang dana lainnya dan banyak pekerjaan lain yang berkenaan dengan perencanaan pembangunan pabrik kelapa sawit.
Selanjutnya pekerjaan konsultan masa kontruksi, yang meliputi pekerjaan pengawasan proses pembangunan selama masa kontruksi dan memastikan semua bahan, alat dan mesin, timing pekerjaan serta strukstur bangunan sesuai dengan yang diinginkan owner project PKS tersebut.
Adapun pekerjaan konsultan pasca kontruksi, meliputi diantaranya mempersiapkan Sumber Daya Manusia yang akan menjalankan pabrik tersebut sehingga dapat meminimalisir tingkat kerusakan dan kerugian baik materiil maupun waktu karena kesalahan operator pabrik. Guna mempersiapakan Sumber Daya Manusia yang mumpuni, maka konsultan akan membuat Standar Operasi Prosedur (SOP) dan memberikan training-training keterampilan bahkan tidak jarang konsultan ikut serta dalam proses perekrutan tenaga kerjanya. Namun ini semua tergantung pada owner karena setiap pekerjaan maka ada nominal yang harus dibayarkan hehehe..

Kami selaku konsultan pabrik kelapa sawit akan membantu anda untuk mewujudkan keinginan dalam mengembangkan industri hilir kelapa sawit yang sampai saat ini masih menjadi kebutuhan utama bagi para petani kebun kelapa sawit di berbagai daerah seantero indonesia. Selain biaya investasi yang tinggi ditambah lagi kurangnya perhatian dan dukungan pemerintah daerah untuk meningkatkan nilai tambah petani kelapa sawit. namun saran kami bagi koperasi-koperasi, badan usaha atau individu yang merasa mampu secara financial agar meramaikan industri hilir sehingga tidak bergantung pada pihak lain dan dapat memberikan nilai tambah walaupun dalam skala kecil atau PKS mini. Namun kami yakin ini akan sangat membantu para petani dan pelaku usaha di bidang perkebunan kelapa sawit.

0 komentar:

Posting Komentar