9/25/2013

Cara Petani Memiliki Pabrik Kelapa Sawit

Luasnya perkebunan kelapa sawit petani di Indonesia membutuhkan lebih banyak Pabrik kelapa sawit (PKS) untuk menampung buah mereka. Mungkin sudah saatnya para petani membangun pabrik kelapa sawit mereka sendiri meskipun dalam sekala kecil mulai dari kapasitas 1-3 ton hingga 20 ton perjam. Dalam artikel Cara Petani Memiliki Pabrik Kelapa Sawit (PKS) ini kami akan memberikan point-point untuk membangun PKS. Dengan demikian para petani akan memiliki daya tawar yang lebih dengan menguasai industri persawitan dari hulu sampai hulunya. Berikut ini akan kami sampaikan langkah-langkah untuk mewujudkan pabrik kelapa sawit rakyat (petani) ;

1. Inventarisir luas perkebunan kelapa sawit sekitar anda.
Sebelum anda memutuskan untuk membangun pabrik kelapa sawit rakyat, laksanakan survey terlebih dahulu luasan perkebunan kelapa sawit sekitar kebun yang anda miliki terutama jika kebun anda tidak bisa mencukupi untuk memenuhi kebutuhan bahan baku TBS dengan mempertimbangkan pabrik sekitar yang nanti akan menjadi saingan anda dalam mendapatkan bahan bakunya.


2. Bentuk Badan Usaha
Setelah anda survey dan memperkirakan suplai bahan baku cukup dengan luasan yang telah anda perhitungkan, bentuklah badan usaha terutama koperasi karena ini merupakan perkebunan rakyat atau jika anda ingin membangun kapasitas mini dan kebun yang anda miliki sekarang mampu menyuplai bahan bakunya. Langsung hajar saja hehe..(ilegal)

3. Perijinan
Jika luasan untuk penyuplai bahan baku cukup dengan kapasitas pabrik kelapa sawit yang direncanakan, maka lakukan perijinan ke pihak-pihak terkait terutama sekali adalah ijin prinsip nya.

4. Pembiayaan Pembangunan PKS
Jika perijinan sudah ditangan barulah kita cari sumber pendanaan pembangunannya. Biaya pembangunan Pabrik kelapa sawit sangat besar sehingga diperlukan pihak lain untuk mendanai proyek ini baik perbankan, investor atau patungan dari anggota koperasi dan lebih siip jika anda sudah mempunyai dana yang cukup untuk membangun pabrik tersebut. Bisa langsung tancap gas tuh.

5. Pembangunan Pabrik Kelapa Sawit
Jika semua tahap di atas berjalan sempurna maka silahkan anda tunggu pabrik kelapa sawit rakyat terwujud.


Demikianlah gambaran mudahnya untuk membangun pabrik kelapa sawit rakyat. Semua ini akan menjadi benar-benar mudah jika anda telah penuhi seluruh persyaratan pembangunan pabrik kelapa sawit seperti luas lahan (penyuplai bahan baku), perijinan dan pendanaannya. Kami akan membantu dalam mewujudkan impian anda dan petani lainnya untuk memiliki pabrik kelapa sawit sendiri.


Contak person untuk konsultasi :

Nanang Heri Purnomo
087878676225 
081310486648

1 komentar:

Posting Komentar